Jangan Pasang Kipas di Hard Disk !!

Kali ini saya mau cerita pengalaman teman saya mengenai Hard Disknya.

Dulu beberapa minggu yang lalu kuran lebih, dia tuh cerita ke saya mengenai kondisi komputernya yang sedang rusak dan dia sendiri mencoba untuk instal ulang windowsnya.

Nah…katanya tuh waktu instal ulang windowsnya,tau tau keluar tulisan macem macem yang bahasa inggris dan ada kode kodenya itu, terus pasa aku tanya, warna backgroundnya biru gak? Ya biru jawab dia.

wah…itu blue screen tuh,coba aja dicopot dulu ram nya trus diganti pinjem dulu punya temen, kalo masih error blue screen, berarti gak kompatibel dengan windowsnya kali. Rada ngasal juga jawabnya sih, tapi siapa tau bener. karena salah satu tanda blue screen tuh karena windowsnya gak kompatibel dengan salah satu hardware yang nancep di CPU nya.

atau kalo gak ya, vga nya yang masih pci mungkin dicopot dulu trus pinjem temen untuk dicoba dulu.

Setelah beberapa hari kemudian, ketemu dan cerita lagi soal komputernya., ternyata masih gak bisa diinstal ulang juga,nah tadi pas barusan aku ada waktu, tek samperin deh ke rumahnya.

pertama dateng langsung pantengin deh biosnya, rencananya sih penasaran aja, pengen nengok setingan boot nya, eh ternyata pas nengok ke bagian hard disk detection, gak kedetect hard disknya, yang kedetect cuma cd rw nya aja.

Penasaran, tek copot kabel datanya cd rw nya trus tek pindahin ke hard disknya, eh tetep gak bisa juga, step kedua, cek lagi jumper nya terus pasang ato ganti ke yang lebih bener, tetep gak bsia juga, terus tek coba ganti kabel power yang nancep di hard disknya…masih tetep gak bisa juga.

akhrinya kesimpulan sementara, hard disknya yang rusak alias almarhum.

nah biar mantep tek bawa ke tempat servisan punya temen, otomatis klo orang yang  jualan periperal komputer kan lebih ahli soal beginian, sekalian juga minta tolong di tancepin hard disknya ke temen saya, ngetes lagi gitu biar mantep.

Baru dateng terus nyodorin hard disknya, langsung deh si temen saya nih bilang, wah mas…ini hard disk kalo dipasang kipas gini ya pantes aja jadi gampang rusak…tapi dicoba dulu dicek disini ya…

setelah dicek macem macem, teteeep aja ga kedetek,…akhrnya memang diputuskan hard disknya sudah almarhum.kembali ke permasalahan kipas tadi, kenapa sih kalo hard disk dipasangi kipas malah cepet rusak? kan tujuannya baik biar gak cepet panas.

para pembaca yang budiman…cieeh kaya buku resmi aja…

ya intinya memang baik, tapi kalo kipasnya sendiri tu justru ternyata bisa menimbulkan masalah loh, pertama adalah getaran yang dimunculkan oleh kipas tersebut.tau sendiri lah yang namanya hard disk kan media penyimpanan data yang super sensitif, apalagi kl yang masih ata dan model lama.

yang kedua adalah kalo ternyata dalam jangka waktu pemakaian tertentu kipasnya tertempel debu dan menumpuk terus…bayangkan aja kipas yang di rumah aja sering ketempelan debu dan kl di gerakin dikit aja langsung debu berterbangan.begitu juga dengan kipas di Hard Disk, kl debu nya sudah banyak, otomatis kan langsung nancep di hard disk dan ngotor ngotorin papan elektroniknya juga.

selain itu memang kipasnya jadi ngeborosin kinerja power supply di cpu, dan memang ternyata power supply temen saya tuh dah pernah diganti, jadi umur nya memang lebih singkat karena konsumsi power yang tinggi pula.

begitu dulu ya…semoga berguna

Satu Tanggapan to “Jangan Pasang Kipas di Hard Disk !!”

  1. fajar Says:

    nice post om🙂


Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: