Sukses Bisnis Toko Online

Diperiksa oleh:Billydiponegoro
Sukses Bisnis Toko Online

Beberapa tahun lalu ada seorang ahli pemasaran memprediksikan kecenderungan pemasaran di masa depan. Ahli tersebut menyatakan bahwa nantinya dunia pemasaran akan beralih ke sarana yang lebih personal, instan, dan ringkas. Orang bakal berbelanja tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. Cukup buka situs toko lewat internet dan bayar menggunakan rekening bank yang ada di ponsel.

Belum lama setelah itu, sekitar lima tahun kemudian, saat ini, the dream comes true. Berkat kemajuan teknologi informasi, khususnya internet, mewujudkan impian tersebut tidak membutuhkan waktu belasan tahun.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di tanah air, maka bukan hal yang mustahil jika tidak lama lagi berbelanja online akan menjadi kebiasaan semakin banyak orang. Yang menjadi daya tarik utama dari meningkatnya jumlah pembelanja online adalah privasi dan kemudahannya yang tidak didapati pada aktivitas belanja online.

Hal lain yang menjadi pertanda akan menjamurnya perdagangan model ini adalah bertumbuh-suburnya toko-toko online di dunia maya. Pertumbuhan tersebut menandakan tingginya prospek perdagangan di dunia virtual ini. Persoalannya sekarang adalah siapa yang mampu dengan segera memanfaatkan kecenderungan ini tentu yang akan menenggak keuntungan terlebih dulu.

Berbeda dengan lima sampai sepuluh tahun lalu, membuka toko online sangat mudah, tidak perlu repot, dan yang penting tidak membutuhkan modal besar. Di Indonesia, toko online pertama adalah lipposhop.com. Toko online ini dikelola dengan modal raksasa oleh perusahaan raksasa. Namun, karena beberapa faktor, Lipposhop.com akhirnya ambruk.

Saat ini, membuka toko online sangatlah murah, bahkan nyaris gratis. Bagi yang tidak suka gratisan, biasanya cukup menyewa hosting, domain dan desain toko online-nya. Asumsi yang ada di benak pemilik toko yang lebih menyukai provider berbayar ini adalah supaya lebih kelihatan bonafid dan terpercaya.

Meski asumsi seperti itu cukup tersebar di kalangan pengusaha, namun pengguna provider gratisan justru makin hari makin bertambah. Dan yang penting, terbukti bahwa meski menggunakan provider gratisan, mereka mampu menangguk keuntungan yang sangat menggiurkan. Oleh karena itu, mumpung pertumbuhannya belum terlalu pesat, penulis menyarankan bagi yang berminat dengan bisnis online ini segera membuka toko virtual tersebut.

Salah satu provider gratisan yang ada di Indonesia dalah Dinomarket. Provider tersebut mengklaim sebagai situs marketplace paling canggih dan paling besar di Indonesia dan dikunjungi ratusan ribu orang setiap harinya. Meski pemilik toko online tidak dipungut biaya seperser pun, namun marketplace ini selain memberikan toko online gratis, juga memberi sub domain gratis bagi satu akun. Sehingga, pemilik toko dapat menentukan nama subdomain sesuai keinginannya. Misalkan, ia menjual busana muslim di toko online-nya, ia bisa membuat alamat url http://busanamuslin.dinomarket.com. Sehingga memudahkan pelanggannya melakukan pencarian, baik di google maupun di Dinomarket sendiri.

Fitur gratis dari Dinomarket lainnya adalah diperbolehklannya pemilik toko menguload gambar dan video produk-produknya sesuka hati. Kita tahu bahwa gambar dan video ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Selain itu, bagi calon pembeli yang belum menemukan produk yang diinginkannya saat itu, disediakan fasilitas private message. Dengan falitas ini, pembeli dapat menuliskan jenis barang yang sedang dibutuhkannya yang saat itu belum ada. Pesan ini layaknya email yang bakal diterima oleh pemilik toko.

Faslitas private message sangat besar artinya bagi penjual. Fasilitas ini dapat mengurangi resiko kehilangan saat pemilik tono online sedang tidak online. Dan masih banyak fasilitas-fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik toko online.

Sukses Bisnis Toko Online Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/business-management/money-online/2075654-sukses-bisnis-toko-online/

2 Tanggapan to “Sukses Bisnis Toko Online”

  1. luckykey Says:

    trims….
    link sudah sya pasang,, slm knal jg…

  2. Jim Says:

    Makasih atas infonya , Adohi


Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: