Cara Merawat LCD dengan Baik dan Benar

Diperiksa oleh:indsetiawan

Hal kecil yang sering menjadi masalah bagi monitor LCD monitor adalah masalah debu, kotoran, bekas sidik jari, bahkan pada kasus yang lebih parah noda tinta atau cipratan soup ketika Anda makan di depan LCD. Akumulasi yang terjadi terus menerus dari debu dan kotoran ini tentunya akan membuat LCD menjadi kabur dan dapat mengurangi kenikmatan anda saat browsing atau menonton film kegemaran anda.

Biasanya orang yang tidak mengerti bagaimana merawat LCD akan langsung otomatis meraih sesuatu untuk menghilangkan debu atau noda pada layar LCD-nya. Kesalahan mereka adalah mereka menggunakan air keran biasa serta kain bekas atau bahkan kertas kasar. Hal ini tentu sangat berisiko, air keran biasa kadang mengandung bahan kimia seperti klorida yang bisa meninggalkan residu pada layar LCD Anda. Kain bekas atau kertas kasar bisa merusak permukaan LCD yang sangat sensitif, sehingga mengaburkan dan bahkan dapat menyebabkan mati piksel.

Untuk membersihkan LCD ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yang pertama adalah gunakan kain katun lembut halus dan tidak terasa kasar, yang kedua hindari penggunaan larutan yang mengandung alkohol maupun amoniak. Karena menggunakan larutan yang mengandung alkohol atau amonia berulang kali dapat menyebabkan kerusakan permanen pada LCD. Seiring waktu, menggunakan jenis bahan pembersih ini dapat menyebabkan permukaan layar menjadi kuning. Hal ini juga dapat membuat layar rapuh dan akhirnya menyebabkan keretakan pada permukaan layar.

Beberapa bahan larutan pembersih yang tidak dianjurkan; Aseton, Etil alkohol, Etil Asam, Amoniak, dan Metil klorida. Beberapa bahan larutan pembersih yang masih dapat diterima; Air murni, Isopropyl Alkohol, dan Benzena. Tetapi bila anda ragu menggunakan larutan ini disarankan untuk membeli larutan pembersih yang memang digunakan untukmembersihkan LCD di toko komputer.

Saat membersihkan monitor LCD, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Sebelum membersihkan monitor LCD Jangan lupa cabut atau matikan monitor LCD dan periksalah keadaan kondisi layar.

2. Perhatikan baik-baik area permukaan LCD yang ternoda untuk dibersihkan.

3. Gunakan Kain katun lembut (lebih bagus microfiber) kering untuk menghapus debu yang terlihat. Dengan lembut hapus semua debu yang menempel.

4. Jangan semprot larutan pembersih secara langsung ke permukaan LCD, semprot terlebih dahulu pada kain pembersih baru disusapkan ke LCD.

5. Dengan lembut gerakan kain di permukaan layar secara konsisten berputar atau dalam satu arah bergerak dari bagian atas layar ke bawah.

6. Jangan menekan terlalu keras saat membersihkan karena bisa meningggalkan bekas goresan serta cetakan pada permukaan layar.

7. Jangan meninggalkan sisa cairan pembersih sedikitpun di layar usahakan selalu membersihkan dan terlihat kering.

8. Biarkan layar LCD benar-benar kering sebelum Anda menghidupkan kembali.

9. Untuk noda yang sulit dihilangkan seperti noda bekas tinta, Anda mungkin harus mengulangi prosedur ini beberapa kali. Jangan menekan keras, ingat Anda juga dapat membeli pembersih khusus untuk noda tinta berat dan sejenisnya.

Selain melakukan pembersihan layar LCD secara berkala,anda juga haru melakukan perawatan dan menjaganya dengan baik seperti;

1. Jika sedang tidak digunakan, tutup LCD monitor anda. Pastikan penutupnya aman tidak ada benda yang bisa berefek menggores layar LCD.

2. Hindari menyentuh layar monitor secara langsung menggunakan jari apalagi benda yang bersifat tajam dan keras.

3. Gunakan setting contras/brightness level sedang tidak terlalu tinggi pada LCD

4. Setting LCD time off ketikacomputer tidak digunakan.

5. Lepaskan sambungan listrik dan tutuplah LCD bila lama tidak dipakai.

6. Jauhkan layar LCD dari benda-benda yang mengandung magnet tinggi.

Dengan perawatan teratur tentu LCD anda akan lebih awet dan andapun akan nyaman bekerja dengan komputern Anda, browsing di internet maupun menikmati film kesukaan Anda.

Cara Merawat LCD dengan Baik dan Benar Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2086317-cara-merawat-lcd-dengan-baik/

Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: