Mengatasi Komputer Mati (tidak mau hidup)


Resensi oleh:endemoz
Permasalah yang sering kita alami ketika komputer tidak mau hidup adalah mengganggap komputer anda perlu diperbaiki ke tukang service. Sebenarnya kita dapat mengatasi hal tersebut cukup dengan pengecekan dibeberapa bagian. Kadang kita mengira kerusakan yang terjadi cukup parah, padahal karena kurang tahunya kita ternyata permsalahan tersebut sangatlah gampang untuk di perbaiki sendiri tanpa ke tukang service, pada bagian ini saya akan mencoba memberikan beberapa langkah yang pada beberapa khasus komputer mati ternyata sangat berguna dan cukup dikerjakan sendiri di rumah.

  1. Cek Arus listrik : Pada beberapa khasus kabel yang longgar ternyata menjadi momok yang bisa menjadikan komputer anda tidak mau hidup atau tidak loading ke windows, untuk mengatasinya mulai dari kabel power dari isntalasi listrik atau stavol atau Ups anda, cek apakah kabel sudah terpasang dengan benar, karena saya pernah mengalami walaupun kabel tertancap dengan benar dan di cek ada arus ternyata masih menimbulkan masalah, oleh karena itu selain sudah tertancap usahakan kabel yang d pakai adalah kabel yang original atau kabel tersebut memili diameter yang agak besar dari kabel biasa.
  2. Arus Listrik langsung : jika arus listrik ditempat anda normal (tidak naik turun) coba usahakan tidak menggunakan stavol atau Ups dulu, karena dibeberapa khasus komputer mau nyala ketika tidak terhubung dari stavol atau ups.
  3. Kabel Listrik di CPU : Kabel-kabel listrik di CPU terutama yang barasal dari power supply, kadang kala menjadi salah satu masalah komputer nyala tetapi hardisc tidak terdeteksi (tidak loading ke windows), jika hardisc tidak terdetec, ganti dengan kabel power sipply yang tidak terpakai (kelebihan), maka usahakan kabel benar-benar dalam kondisi normal dan tertancap dengan benar, untuk lebih mantap cabut dlu semua kabel dari power supply kemudian pasang kembali (jangan sampai ada yang tertinggal).
  4. Procesor : untuk kerusakan procesor memang agak susah untuk tahu apakan rusak atau tidak, untuk pengecekan pertama usahakan bisa masuk bios (loading ke Bios) jika tidak bisa ada kemungkinan Procesor sudah rusak (tetapi jangan mengatakan rusak sebelum semua urutan pengecakan ini sudah selesai. Cek juga apakah kipas pada procesor berputar dengan benar, karena jika ada gangguan pada kipas akan mengakibatkan procesor pana sehingga komputer akan mati atau restart ulang.
  5. RAM/DDR/DDR2/Memory : Memori yang lama terpasang kadang kala menjadi problem komputer tidak mau loading baik ke bios apalagi ke windows, biasanya komputer nyala tetapi tidak tampil apa-apa di layar monitor, dan juga akan terdengan suara bip berulang-ulang dcpu anda, untuk mengatasinya lepas memory annda bersihkan pin-pinya dengan penghapus pensil trus lap dengan kain kering, jika setelah terpasang ternyata masih tidak mau loading baik ke bios atau windows ada kemungkinan memory anda rusak, untuk pengetesan pakai memory teman dlu kalau tetep tidak load ke bios, berarti masih ada hardware lain yang bermasalah.
  6. Kartu Grafis (VGA) : Seperti pada memory VGA card yang lama terpasang juga perlu dibersihkan (metode sama seperti memory), tanda-tanda permasalahan juga sama dengan memory, karena memory atau Vga yang tdak terpasang dengan benar akan mengakibatkan Cpu tidak mau loading (ngangkat).
  7. Hardisc : Ketika komputer nyala tetapi tidak loading ke windows cek apakah kabel pada hardis sudah terpasang dengan benar atau tidak baik kabel power juga kabel datanya. bisa d liat dari getaran pada hardisc ketika komputer di nyalakan dan ada arus masuk ke hardisc. pastikan juga hardis sudah terdetec di bios dan sudah menjadi priority booting (jika ada multi Hardisc).
  8. Motherboard : permasalahan CPIU tidak nyala adalah karena ada kerusakan pada Motherboard, minimal anda dapat melihat pada motherboard akan ada lampu (led) kecil yang nyala (tanda Motherboard anda nyala), tetapi disini nyala belum tentu motherboard anda tidk bermasalah, jadi jika semua hardware normal seperti procesor, vga, memory dan powersupply maka ada kemungkinan motherboard anda bermasalah, jadi sebelum anda beli sebaiknya coba cari teman yang mempunyai spek yang sama dengan motherboard anda jika mau normal anda tinggal beli motherboard yang baru.

selain itu masih ada beberapa khasus komputer tidak nyala seprti ada konslet pada body motherboard denga chasing atau powerspuppli yang sudah tidak mengalirkan arus secara normal (AW)

Mengatasi Komputer Mati (tidak mau hidup) Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2132807-mengatasi-komputer-mati-tidak-mau/

Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: