10 Langkah Mengamankan Data Komputer Anda


Resensi oleh:DChristianto
Memang benar, komputasi yang aman dimulai dari diri sendiri. Anda mungkin memiliki banyak langkah-langkah keamanan yang baik di komputer, seperti antivirus, firewall, checker spam, dan seterusnya …
Inilah Daftar awal dari hal yang dapat Anda lakukan untuk komputasi yang lebih aman.

1. Jaga keamanan password Anda seperti uang Anda – gunakan secara bijaksana – jangan berbagi Anda mungkin tidak akan meninggalkan dompet Anda di atas meja di suatu tempat, dengan uang di dalamnya, tanpa perlindungan yaa nggak?

Hal yang sama berlaku untuk password anda. Anda tidak perlu berbagi-kode PIN dari kartu bank Anda dengan orang lain tidak bukan? Hal yang sama berlaku untuk password. Password bersifat pribadi dan tidak harus dibagi dengan rekan kerja Anda atau teman. Anda tidak harus menggunakan password yang sama di mana-mana.

Membuat password yang cukup kuat. Contoh tidak baik: jangan gunakan Nama pacar anda ‘, atau nama anjing Anda buat password—cepat ketahuan dech, hehehe. Dalam ‘Misi Keamanan Kesadaran’ banyak yang menyarankan: Anda bisa pertimbangkan passphrase, bukan password.

Karena ini lebih mudah bagi Anda untuk mengingat dan sulit bagi orang-orang jahat untuk menebak. Gunakan mnemonik untuk membuatnya lebih mudah untuk diingat tanpa menuliskannya. Ini bekerja untuk password pribadi Anda sendiri maupun password dari suatu organisasi. Yang lebih mudah diingat dan sulit untuk menebak menggunakan mnemonic dari ‘seperti makanan cepat saji” , contoh:

Ch33zBrg3r
atau
Cheeseburgers@my.house

2. Jangan klik link dalam email
Jika Anda mendapatkan email dari bank Anda, PayPal atau apa pun organisasi lain yang resmi, jika ada orang lain yang meliha; jangan klik link yang disertakan dalam email. Sebaliknya, buka browser Anda dan pergi ke situs itu sendiri dengan mengetikkan URL.

Setelah itu login ke situs tersebut dan melihat apakah Anda mendapatkan pesan atau bentuk lain dari indikasi ada tindakan yang diperlukan dari Anda. Jika tidak, Anda mungkin baru saja terhindar dari serangan pishing.

3. Jauhkan perangkat lunak keamanan Anda dan up-to-date
Sebuah hal yang jelas untuk Anda lakukan adalah untuk menjaga keamanan perangkat lunak agar tetap up-to-date. Anda benar-benar harus melakukan ini, karena virusses, worm, trojan dan hal-hal berbahaya lainnya cenderung bermutasi begitu sering atau yang terus bermunculan.

Jika Anda tidak menjaga keamanan perangkat lunak untuk up-to-date, komputer Anda mungkin masih terinfeksi karena belum mengenali ancaman baru atau ancaman yang telah bermutasi.

4. Jauhkan perangkat lunak keamanan Anda
Anda mungkin memiliki semua perangkat lunak keamanan yang diinstal pada PC Anda, tetapi jika Anda tidak meninggalkannya dan berjalan denga benar, maka hal itu tidak memiliki pengaruh apa pun. Mematikan solusi antivirus anda misalnya; hanya karena memperlambat sistem komputasi anda, bukanlah ide yang baik karena komputer Anda menjadi rentan terhadap segala macam konten berbahaya.

5. Instal patch terbaru
Selain suite keamanan Anda, sistem operasi Anda (dan perangkat lunak yang diinstal lainnya) perlu diperbarui juga. Sebagian besar sistem operasi menawarkan beberapa mekanisme untuk update otomatis.

Gunakan mekanisme ini dalam mode otomatis jika Anda pengguna komputer pribadi. Untuk pengguna korporat mungkin dengan bijaksana untuk melakukan tes pertama patch sebelum mereka diterapkan, karena dalam beberapa kasus yang jarang mungkin ada efek samping dengan perangkat lunak perusahaan lainnya.

6. Gunakan akal sehat
Anda mungkin tidak akan perlihatkan uang di lingkungan yang berbahaya. Logikanya Anda tidak harus melakukan itu di daerah rawan penjambretan. Hal yang sama Sama berlaku untuk komputasi.

Jika Anda mendapatkan email dan mereka ingin Anda untuk mengklik pada beberapa lampiran, lebih baik untuk menyimpan lampiran yang pertama, dipindai dulu oleh perangkat lunak antivirus Anda, dan jika data itu aman, maka risiko Anda lebih minimal. Cara ini hanya pakai akal sehat aja.

7. Anda Mengenkripsi data sensitif
Kadang-kadang anda memiliki data pribadi untuk Anda atau memiliki data bernilai untuk perusahaan Anda. Apapun masalahnya, mungkin ide yang baik untuk mengenkripsi informasi ini. Ada banyak (gratis) alat enkripsi yang tersedia, jadi anda mungkin menggunakannya untuk keamanan tambahan ketika laptop Anda hilang.

Kadang-kadang Anda dapat mengenkripsi melalui fitur sistem operasi (FileVault di OSX, BitLocker pada Windows), atau Anda mungkin ingin menguji beberapa perangkat lunak open source seperti TrueCrypt untuk perlindungan data sensitif Anda.

8. Hanya download program dari sumber terpercaya
Download dari sumber yang terpercaya seperti vendor perangkat lunak yang dikenal atau dari repositori dikenal open source seperti SourceForge lebih baik daripada pergi dan mencari keberuntungan di dunia BitTorrent (atau yang serupa).

9. Backup file penting sering – pemulihan uji
Perusahaan-perusahaan besar memiliki backup otomatis di tempat. Dan bahkan dalam lingkungan terkendali kadang-kadang data yang akan hilang atau tidak dapat dipulihkan dengan mudah. Untuk pengguna normal, atau perusahaan kecil, statistik tersebut bahkan lebih buruk. Banyak komputer tak hanya tidak memiliki backup yang valid. Itu tidak baik.

Jadi jangan biarkan ini terjadi pada Anda. Jika Anda melakukan backup, uji cadangan Anda dengan mencoba untuk mengembalikan beberapa data. Dan tidak pernah menyimpan data backup Anda di lokasi yang sama.

Pertimbangkan solusi backup online. Jika terjadi kesalahan seperti kebakaran, maka data Anda aman di tempat lain. Ada solusi backup yang cukup memuaskan, seperti Mozy online.

10. Bersihkan PC lama anda ketika anda mendapatkan yang baru
Jika Anda mendapatkan PC baru atau laptop Anda mungkin mentransfer data anda ke komputer baru, dan ketika yang baru beroperasi, Anda mungkin akan menjual yang lama atau mengirimkannya ke tempat barang rongsokan. Dalam hal apapun, data pada mesin lama yang mungkin bersifat pribadi dan masih tersedia harus dihapus bersih.

Kesimpulan
Seperti biasa … mengambil tindakan pencegahan dari yang terburuk tidak pernah menyakiti siapa pun. Ini selalu lebih baik untuk bertindak bagi keamanan anda daripada menyesal di kemudian hari. Jadi tetap amankan komputer anda!

10 Langkah Mengamankan Data Komputer Anda Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2132158-10-langkah-mengamankan-data-komputer/

Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: