Cara Mengintip Password dengan Mozilla dalam Hitungan Detik


Resensi oleh:kangavuse
Menyimpan password di laptop atau PC pribadi dengan fitur autosave bagi sebagian orang merupakan hal yang lumrah dilakukan. Tapi taukah Anda? Ternyata semua password itu dapat diakses dengan sangat mudah. Setiap pengguna PC atau laptop pribadi Anda, dapat membukanya hanya dalam hitungan detik.

Menyimpan password dengan fitur autosave seperti di beberapa browser ternama sebagaimana IE, Mozilla, dan Google Chrome memang terkesan praktis dan aman. Memang kita tidak lagi perlu mengingat password yang terkadang berupa kombinasi huruf dan angka bahkan hingga yang super rumit. Tentu karena kita menyuruh si browser untuk mengingatnya. Tapi semestinya kita pun mengerti bahwa browser-browser tersebut hanyalah suatu program yang kita perintahkan untuk menyimpan deretan password yang semestinya kita ingat. Dan ketika seseorang memiliki kemampuan untuk memerintah si browser untuk menampilkan deretan password tersebut, tentu saja dengan senang hati si browser akan memberikan kombinasi password-password tersebut.

Mengejutkan? Tidak,. Karena memang kitalah yang harus tahu bagaimana resiko menuliskan suatu password di suatu ‘tempat’. Ketika ‘tempat’ itu dibuka, baik paksa maupun suka-suka, maka serta merta semua password yang Anda simpan akan terpapar bebas alias telanjang bulat. Dan Anda pasti tau, apa-apa saja yang mungkin terjadi ketika seseorang dengan sangat leluasa melihat semua password Anda. Email? Facebook? Situs bisnis? Bank Online Anda? Anda tentu mengerti skenario terburuk seperti apa yang bakal menimpa Anda jika hal itu terjadi.

Mungkin kita bisa mencoba pada browser besar ternama dengan nama panggilan “Mozilla”. Mozilla pasti terasa sangat familiar di telinga kita. Browser ini selalu menyediakan fitur autosave yang gamblang dan mudah digunakan. Kalau Anda mau mengecek password apa saja yang tersimpan di situ, coba saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pilih Tool > Option > Security > Saved Password

Setelah muncul jendela baru, klik saja opsi “Show password” maka semua password yang tersimpan dapat terlihat dengan jelas.

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui metode ini, tapi banyak dari kita yang masih awam mengenai fitur keamanan ini sehingga dapat dengan mudahnya tercuri password-password pentingnya. Sebenarnya kita bisa mengeset agar supaya password-password tersebut dapat hanya terbuka oleh kita sendiri. Yakni menggunakan fitur “master password”. Sehingga orang yang berkeinginan membuka password-password Anda, diharuskan memasukkan password utama atau “master password” terlebih dahulu. Mungkin ini sepele, tapi ternyata banyak dari kita yang tidak menghiraukannya sehingga terdapat celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh para hacker kecil-kecilan. Lalu bagaimana cara mengesettnya?

Sebagaimana langkah di atas: Pilih Tool > Option > Security. Lalu pada opsi “Use master password” silahkan dicontreng. Lalu Anda dapat mengeset kombinasi apa yang akan Anda gunakan melalui opsi “change master password”.

Nah, maka nantinya, setiap kali Anda masuk ke situs yang mana di situs tersebut ternyata anda menggunakan autosave password, maka akan muncul kotak bar yang mengharuskan Anda memasukkan master password. Setelah Anda memasukkan master password dengan benar, maka dengan segera autosaved password dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini termasuk ketika Anda ingin melihat password-password apa saja yang tersimpan di Mozilla Anda, master password akan selalu ditanyakan.

Mungkin info ini sebagian sudah ada yang tahu. Tetapi lebih banyak dari kita yang awam mengenai hal ini. Mari kita sebarkan sedikit informasi ini sehingga nantinya disamping pengetahuan mengenai autosaved password lebih dimengerti, kegiatan hacking dapat lebih ditekan lagi.

Cara Mengintip Password dengan Mozilla dalam Hitungan Detik Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2129235-cara-mengintip-password-dengan-mozilla/

Ditulis dalam lain-lain. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Cara Mengintip Password dengan Mozilla dalam Hitungan Detik”


Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: