Nge-Blog Yuk!: Blog Sarana Berbagi Ilmu dan Berprestasi


Resensi oleh:PelangiBunda
Blog, bukanlah hal baru di dunia maya. Blog sudah sangat ramai dibicarakan dan dimiliki pengguna internet. Bahkan, Anda mungkin salah satu di antara pemilik blog. Namun demikian, masih banyak juga orang yang belum berani memulai ngeblog. Alasannya tentu bermacam-macam: Karena belum mengerti betul tentang internet; belum bisa membuat blog; masih takut mau memulai ngeblog; atau bahkan mungkin karena tidak terbiasa menulis.

Memang, untuk awalnya ketakutan-ketakutan semacam itu sering menghalang-halangi kita. Padahal, apabila Anda mau memulainya, ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apabila Anda suka membaca, apa salahnya Anda memulai membuat blog agar Anda dapat menularkan ilmu yang sudah Anda miliki dari membaca kepada orang lain. Dengan demikian, ilmu Anda tidak menguap begitu saja. Atau…, apabila Anda memiliki suatu keahlian di bidang tertentu, misalnya Anda memiliki hobby memasak, Anda juga dapat menuliskannya di blog sehingga Anda lebih dikenal orang lain dan Anda juga dapat berbagi keahlian Anda dengan orang lain.

Untuk pemula, biasanya mereka membuat blog yang berisi beragam tema tulisan atau masih gado-gado. Namun, itu tidaklah masalah, dua jempol untuk Anda karena Anda sudah berani memulai asal Anda rajin dan konsiten memelihara blog Anda, pasti blog Anda akan menarik. Adapun jika Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan Anda ingin dianggap bahwa Anda kompeten di bidang itu, Anda bisa membuat blog Niche (blog yang membahas tema yang khusus).

Blog sifatnya sangat fleksibel. Ibarat sebuah buku kosong, Anda dapat mengisinya dengan apa saja sesuai keinginan Anda. Anda dapat menggambarinya, mengisinya dengan puisi, atau menjadikannya sebagai diary, dan sebagainya, itu sah-sah saja. Demikian juga dengan blog. Jika Anda mengisi dan mengemasnya dengan sangat menarik pasti akan menjadi blog yang menarik dan berkualitas. Dengan blog, Anda dapat menuangkan ekspresi Anda dan dapat membaginya dengan pengunjung blog Anda.

Dengan blog, Anda dapat berbagi ilmu dengan pengunjung blog Anda di belahan bumi mana pun. Dengan blog juga Anda dapat meraih prestasi karena Anda dapat mengikuti kompetisi atau lomba-lomba, baik yang bersifat lokal maupun internasional dan Anda dapat meraih kesempatan-kesempatan lainnya.

Kalau demikian, bagaimana sih memulai ngeblog? Untuk memulainya, Anda dapat membuka situs blogspot.com, WordPress, dan sebagainya. Anda juga dapat googling atau cari di youtube bagaimana tahap-tahap membuat blog. Atau, Anda langsung saja membuat blog Anda sendiri, tidak terlalu sulit. Dan untuk melestarikannya, Anda rajin-rajinlah membaca agar tidak kehabisan ide untuk selalu mengisi blog Anda.

Terakhir, menjadi pengguna internet berarti Anda sudah masuk ke sebuah komunitas besar yang berbasis bit. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan hukum dan etika yang berlaku di dalamnya. Setidaknya ada empat hal yang perlu dihindari dalam beraktivitas di blog atau di internet, yaitu:

– plagiarisme

– fitnah

– pemalsuan identitas

– dan perbuatan agresif.

Namun, Anda jangan surut ke belakang, dengan tetap memerhatikan hukum dan etika teruslah berbagi dan berprestasi dengan nge-blog. Asyik lho.

Nge-Blog Yuk!: Blog Sarana Berbagi Ilmu dan Berprestasi Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2127297-nge-blog-yuk-blog-sarana/

Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: