Instalasi windows 2000 advanced server

Resensi oleh:starman

Penginstalan Windows 2000 Advanced Server tidak terlalu sulit hanya saja perlu perhatian khusus pada beberapa bagian. Pada dasarnya hampir sama dengan penginstalan Windows 9x, sedikit perbedaan pada konfigurasi jaringan komputer dan hal lainnya seperti service yang dijalankan pada Microsoft Windows 2000 Advanced Server, selanjutnya disebut Win2K. Baiklah kita akan melihat cara menginstal Win2K. Untuk menginstal Win2K sangat mudah karena semua proses berjalan secara otomatis, dalam kasus ini anda hanya perlu mengklik tombol Next dan OK. Sekarang kita akan melihat bagaimana cara penginstalan Win2K secara rinci.

1. Hal pertama yang anda harus persiapkan adalah file smartdrv.exe di sebuah disket untuk mempermudah dan mempercepat proses penginstalan Win2K. File ini dapat diambil di folder Windows pada sistem operasi Microsoft Windows 98 atau Microsoft Windows ME, kemudian copy file tersebut ke sebuah disket kosong. Kemudian siapkan juga CD Key Win2K anda, catatlah CD Key tersebut pada sebuah kertas. CD Key ini dapat diperoleh di file cdkey.txt, serialno.txt atau serial.txt pada CD disk instalasi Win2K anda.

2. Kemudian konfigurasikan sistem booting komputer anda menjadi CDROM atau disket di Bios untuk mengakses file command.com pertama sekali. Masukkan disket atau CD startup Windows 98 ke dalam floppy atau CDROM drive. Setelah proses booting berjalan, masukkan disket yang berisi file smartdrv.exe yang telah anda copy sebelumnya. Ketikkan smartdrv.exe yang ada di disket, langkah selanjutnya adalah memasukkan CD Disk instalasi Win2K ke dalam CDROM anda.

3. Kemudian masuklah ke folder I386 pada CD instalasi Win2K anda. Langkah selanjutnya adalah mengetikkan winnt untuk memulai setup Win2K.

4. Komputer akan menanyakan dimana tempat Source atau Master dari Win2K, bila benar letak source yang ditampilkan maka tekan enter (next).

5. Setelah proses copy selesai komputer akan menampilkan pesan untuk memindahkan disket startup. Pindahkan disket startup apabila anda menggunakan disket tersebut untuk proses booting. Selajutnya Tekan enter setelah anda memindahkan (mengeluarkan disket startup). Setelah itu komputer akan reboot secara otomatis. Langkah selanjutnya adalah masuklah ke BIOS dan definisikan kembali proses booting untuk mencari file command.com ke C:\ harddisk, karena sebelumnya kita mendefinisikannya pada CDROM atau disket (langkah 2).

6. Setelah reboot komputer akan berjalan secara otomatis, biarkan proses tersebut berjalan sampai muncul konfirmasi yang menanyakan apakah anda ingin memperbaiki sistem operasi Win2K yang sudah ada atau anda ingin menginstal sistem Win2K yang baru pada harddisk anda. Pilihlah anda ingin menginstalkan sistem baru pada komputer anda, Enter.

7. Point selanjutnya adalah anda akan ditanyakan Licensi Agreement atau persetujuan tentang peraturan yang berlaku terhadap sistem operasi Win2K dan sanksi-sanksi yang dikenakan apabila anda melanggar ketentuan tersebut. Tekan F8 untuk konfirmasi bahwa anda setuju terhadap Licensi Agreement tersebut.

8. Pilihlah partisi tempat anda ingin menginstal Win2K anda. Tekan enter setelah anda memilih partisi yang anda inginkan.

9. Pada proses ini sangat disarankan anda memilih “Convert the partition to NTFS”, enter. Kemudian tekan C untuk konfirmasi agar proses perubahan File System berjalan.

10. Setelah proses diatas selesai maka komputer akan reboot sendiri. Selanjutnya komputer akan menconvert harddisk ke NTFS secara otomatis. Setelah selesai proses diatas maka komputer akan reboot secara otomatis lagi.

11. Sekarang tampilan GUI instalasi sudah tampak di layar monitor anda. Klik next untuk memulai intalasi hardware yang ada di komputer anda.

12. Kemudian tampilan regional setting muncul, klik next.

13. Selanjutnya isikan nama anda dan nama perusahaan anda, klik next.

14. Isikan CD Key Win2K anda, kemudian klik next.

15. Isikan jumlah client yang ingin dikoneksikan pada Win2K anda. Klik next.

16. Isikan nama komputer anda misalnya SERVER, kemudian isikan password administrator dan ulangi sekali lagi pada bagian confirm password.

17. Pada proses selanjutnya jika anda ingin memasukkan program tambahan maka pilih program tersebut dan klik next, jika tidak anda pilih next untuk proses berikutnya.

18. Sekarang konfigurasikan waktu yang sesuai dengan daerah kita yaitu Indonesia tercinta🙂. Pilih Bangkok, Hanoi, Jakarta dan klik next. Sekarang proses Networking setting berjalan dan biarkan proses tersebut.

19. Pada bagian Configuration Instalation pilihlah Typical untuk instalasi standar. Klik next.

20. Klik next pada tampilan Configuration domain network apabila tidak ada server yang sedang terkoneksi dengan komputer server anda. Proses selanjutnya adalah Installing Components.

21. Sekarang akan tampil proses penginstalan start menu, register components, saves settings dan remove temporary file secara otomatis.

22. Klik finish untuk mereboot komputer anda dan masuk ke Win2K anda yang baru. Congratulation😉.

Instalasi windows 2000 advanced server Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2175135-instalasi-windows-2000-advanced-server/

Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: