Sistem Operasi

Resensi oleh:starman

Sistem operasi adalah perangkat program/software induk yang mengatur dasar input, proses dan output dari suatu hardware komputer. Sistem operasi yang ada sekarang ini diantaranya adalah :

a. Unix

b. Linux.

c. Microsoft Windows.

d. Novell.

e. BeOS.

f. Macintosh.

g. OS2.

h. SunSolaris

Sekarang kita akan melihat perbedaan secara general sistem operasi yang telah terkenal di dunia komputer yaitu Unix, Linux dan Microsoft Windows.

a. Unix.

Unix adalah sistem operasi yang komersil dan sangat terkenal untuk komputer server atau sering dipakai pada komputer server menggunakan jaringan komputer dalam skala besar. Disamping itu unix merupakan sistem operasi yang sangat stabil dan mempunyai security (keamanan) yang tinggi. Sebagai catatan bahwa unix bukan berarti tidak pernah macet (hang) ataupun tidak pernah dibobol sistemnya oleh user yang tidak berhak tapi dibandingkan dengan sistem operasi lainya unix lebih handal dan lebih terjamin keamanannya. Kemudian unix merupakan sistem operasi yang close source dalam arti code (listing) progam untuk membuat sistem operasi tersebut tidak terbuka dan tidak bisa diedit oleh user yang menggunakannya. Dulunya unix dikenal dengan command line nya, maksudnya untuk mengoperasikan unix kita harus mengetik semua perintah seperti di Dos tidak ada icon-icon atau gambar graphic yang bisa di klik seperti di Microsoft Windows. Tapi sekarang ini unix sudah ada versi GUI (Graphic User Interface) seperti icon-icon atau gambar graphic seperti yang ada pada Microsoft Windows.

b. Linux.

Linux adalah sistem operasi buatan Linus Torvald lulusan Universitas Helsinki Finlandia. Linux adalah turunan unix, jadi mewarisi kinerja unix dalam arti linux juga stabil dan tidak mudah hang. Disamping itu linux juga tinggi dalam hal security nya. Perbedaan yang paling besar pada linux adalah gratis (free) artinya anda tidak perlu membeli sistem operasi tersebut dan tidak dikenakan sanksi apabila memberikan sistem operasi tersebut kepada tetangga, kerabat atau teman anda untuk di copy kan atau di install di komputer mereka. Linux juga berasal dari command line, tapi sekarang linux sudah melengkapi dirinya dengan GUI dengan berbagai macam versi GUInya seperti Gnome atau KDE yang ada di Linux RedHat dan beberapa distro linux lainnya.

c. Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang komersil dalam arti anda harus membeli sistem operasi ini dan apabila anda memberi sistem operasi tersebut kepada orang lain maka anda akan dikenakan sanksi hukum. Sekarang sudah ada undang-undang yang mengatur tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

mengatur tentang perundang undangan perlindungan software. Sistem operasi Microsoft Windows mempunyai turunan atau variannya yaitu :

a. Microsoft Windows 3.11

b. Microsoft Windows 95

c. Microsoft Windows 98

d. Microsoft Windows 98 Second Edition

e. Microsoft Windows ME

f. Microsoft Windows XP Home Edition

g. Microsoft Windows XP Professional

h. Microsoft Windows NT 4.0 Workstation

i. Microsoft Windows NT 4.0 Server

j. Microsoft Windows 2000 Professional

k. Microsoft Windows 2000 Advanced Server

l. Microsoft Windows 2003 Server

m. Microsoft Windows Long Horn

n. Microsoft Windows Vista

Dari turunan sistem operasi Microsoft Windows dapat kita kelompokkan lagi, yang pertama adalah sistem operasi stand alone (berdiri sendiri atau dirancang untuk komputer rumahan atau desktop dan tidak menggunakan jaringan) dan yang kedua adalah sistem operasi yang dirancang untuk Komputer Network (jaringan komputer). Sistem operasi yang bersifat stand alone adalah Microsoft Windows 3.11, Microsoft Windows 95, Microsoft Windows 98, Microsoft Windows 98 Second Edition, Microsoft Windows ME, Microsoft Windows XP Home Edition. Sebagai catatan sistem operasi ini memang dirancang bukan untuk jaringan komputer tetapi bukan berarti sistem operasi ini tidak bisa dihubungkan ke jaringan komputer dan apabila dihubungkan ke jaringan komputer maka jaringan komputer tersebut tidak optimal dalam arti hanya untuk jaringan standard seperti sharing file, printer, hardware atau sumber daya lainnya. Kemudian sistem operasi yang dirancang untuk jaringan komputer adalah Microsoft Windows XP Professional, Microsoft Windows NT 4.0 Workstation, Microsoft Windows NT 4.0 Server, Microsoft Windows 2000 Professional, Microsoft Windows 2000 Advanced Server, Microsoft Windows 2003 Server. Pada sistem operasi yang dirancang untuk jaringan komputer maka sistem operasi tersebut dibagi dua, yaitu sistem operasi yang dirancang untuk server dan sistem operasi yang dirancang untuk Workstation/Client. Sebelum kita menyebutkan sistem operasi yang dirancang untuk server dan Workstation/Client, sekarang kita akan melihat pengertian dari server dan Workstation/Client. Server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer Workstation/Client dan mampu memproses satu atau lebih layanan dari jaringan komputer itu sendiri. Secara garis besar server adalah komputer induk. Workstation/Client adalah komputer yang memanfaatkan sumber daya, layanan yang diberikan komputer server. Secara garis besar Workstation/Client adalah anak dari komputer server. Sistem operasi server adalah Microsoft Windows NT 4.0 Server, Microsoft Windows 2000 Advanced Server dan Microsoft Windows 2003 Server sedangkan sistem operasi Workstation/Client adalah Microsoft Windows XP Professional, Microsoft Windows NT 4.0 Workstation, Microsoft Windows 2000 Professional.

Sistem Operasi Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2175083-sistem-operasi/

Silahkan Berkomentar disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: